Rabu, 21 November 2012

Final Softskill Psikologi & Teknologi Internet


Final Softskill Psikologi & Teknologi Internet
1.     Penelitian psikologi dan internet
a.    Publikasi online
Sebelum kita mempelajari lebih lanjut mengenai apa sih publikasi online itu? Kita intip dulu pengertian dari apa itu publikasi dan apa itu online,,,
Publikasi berasal dari kata publish, publisis atau publistik yang berarti memberitahukan, mengumumkan, menyiarkan. Menurut Ton Kertapati, dalam bukunya dasar-dasar publistik dalam perkembangannya di Indonesia menjadi ilmu komunikasi bahwa istilah publistik berasal dari kata kerja bahasa latin publicare yang berarti mengumumkan. Dapat disimpulkan bahwa publikasi adalah pengumuman pada masyarakat luas melalui media elektronik dan atau diterbitkan di media cetak. Sedangkan Online adalah terhubung, terkoneksi, aktif dan siap operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh computer. Online juga dapat diartikan suatu dimana keadaan di mana sebuah device (computer) terhubung dengan device lain. Dapat disimpulkan bahwa online adalah keadaan dimana computer terhubung dengan computer yang lain yang dibantu oleh internet dengan menggunakan perangkat modem, wifi atau lan.
Setelah kita mengetahui dari masing-masing pengertian antara publikasi dan online, dapat ditarik kesimpulan bahwa Publkasi Online adalah suatu informasi atau pesan atau pengumuman dalam online atau diterbitkan atau di umumkan dalam dunia internet melalui media elektronik.
b.    Etika dalam penelitian dengan menggunakan bantuan internet
Sebelum kita belajar bagaimana etika dalam berinternet, alangkah baiknya kita ketahui Kata etika berasal dari bahasa yunani kuno yaitu Ethikos yang berarti sesuatu yang timbul dari kebiasaan hidup, etika juga dapat diartikan suatu peraturan tidak tertulis yang mengatur benar atau salah, baik atau buruk dari suatu lingkungan hidup.
Secara garis besar penelitian percobaan (eksperimen) terbagi menjadi penelitian laboratorium (laboratory experiment) dan penelitian lapangan (field experiment). Masing-masing penelitian tersebut memliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.
v  Penelitian laboratium
Penelitian laboratorium merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan tertutup, dimana kelompok eksperimen dijauhkan dari variable pengganggu sebab dapat memengaruhi hasil dari pengujian hubungan sebab akibat.
Kelebihan penelitian ini adalah hasil dari penelitian ini lebih dapat di pertanggungjawab kan keabsahannya karena hanya memfokuskan pada pengujian hubungan sebab dan akibat. 
Kelemahan penelitian laboratorium adalah penelitian ini belum tentu dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
v     Penelitian lapangan
Penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan terbuka, dimana kelompok eksperimen masih dapat berhubungan dengan faktor-faktor luar.
Kelebihan penelitian lapangan adalah hasil penelitian ini dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Kelemahan penelitian lapangan adalah tingkat kepastian hubungan sebab akibat tidak sebesar pada penelitian laboratorium karena sulitnya untuk mengontrol variabel-variabel pengganggu.
Dalam melakukan sebuah penelitian percobaan, terdapat etika dan aturan-aturan yang harus diperhatikan oleh sang peneliti karena menyangkut kebebasan dan hak asasi subjek penelitian. Berikut adalah etika penelitian percobaan:
-      Kebebasan bagi public untuk mengakses hasil penelitian.
-      Menjaga kerahasiaan (privacy) subjek penelitian.
-      Mengirimkan hasil penelitian kepada subjek.
-      Memberikan hal subjek dan meminta persetujuan terlebih  dahulu.
-      Memberitahukan secara jujur dan jelas kepada subjek tentang prosedur penelitian yang telah dilakukan.
Setelah kita mengetahui bagaimana etika dalam suatu penelitian dengan bantuan internet, sekarang kita belajar etikanya dalam berinternet,antara lain:
Ø     Biasakan mencantumkan sumber tulisan yang diambil pada tulisan anda, jika tidak mencantumkan sumber maka sama saja disebut dengan plagiatisme. Suatu tulisan yang terdapat sumber berasal makan menandakan bahwa tulisan yang dapat dibuktikan kebenarannya dan akan meningkatkan kepercayaan para pembacanya.
Ø     Menggunakan inisial beserta bukti otentik, pada saat penulisan suatu kasus yang belum pasti kebenarannya, sebaiknya nama orang yang terkait dengan kasus tersebut diinisialkan dan saat menuliskan suatu kasus dalam suatu internet jangan lupa menyertakan bukti-bukti yang otentik seperti foto, link tulisan sumber atau berkas pendukungnya.
Ø     Tata cara menulis dengan baik, sopan dan sesuai dengan EYD, ini etika yang sangat penting dalam penulisan di suatu media intrnet, tata cara bahasa yang mengikuti EYD akan membuat tulisan kita akan dinilai baik dan jelas. Kesopanan juga hal yang sangat penting dalam melakukan penulisan jangan sampai tulisan yang kita buat akan mendatangkan masalah untuk diri kita sendiri.
Ø     Menulis secara factual (sesuai dengan fakta yang ada), jika ingin menuliskan sesuatu dalam media internet pastikan bahwa kebenarannya sudah dipastikan atau sesuatu yang sudah menjadi fakta bukan berupa suatu isu yang penyebarannya dari mulut ke mulut.
Ø     Tulisan berisi kondisi yang sebenarnya (apa adanya), tidak ada unsure kebohongan agar kepercayaan para pembaca tidak menurun.
Ø     Baca kebijakan blog provider secara seksama, untuk mencagah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya sebelum membuat suatu tulisan dalam blog terlebih dahulu membaca kebijakan privasi blog provider karena privasi tersebut berisi peraturan yang harus ditaati oleh pengguna atau user. Kemudian hal yang terpenting yang harus diperhatikan dalam berinternet adalah :
-      Tulisan tidak boleh yang mengandung SARA
-      Konten yang mengandung pornografi baik dalam bentuk video ataupun gambar
-       Tidak boleh ada tulisan yang bersikap atau menunjukan menteror orang lain
-      Tidak boleh menggunakan terlalu banyak menggunakan huruf capital dalam penulisan karena akan menunjukan teriakan
-      Vandalism yang dilakukan sengaja dan tidak bertanggung jawab
-      Mengubah dokumen asli tanpa seijin pemiliknya
-      Tidak bolah mendukung peredaran software crack yang dapat diunduh bebas
-      Jangan melakukan flood, maksudnya mengulang posting yang sudah dipostingkan.
c.      Ulasan dari jurnal psikologi yang membahas tentang internet
Mengenai “Analisa Faktor Penggunaan internet Terhadap Motivasi dan Peningkatan  Kemampuan Akademik Terhadap Siswa”.
Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa kemunculan internet dengan segala kecanggihannya membawa perubahan dalam gaya dan kebiasaan manusia sebagai pengguna alat canggih tersebut. Kecanggihan dan kemampuan teknologi informasi terutama melalui internet sangat mengagumkan dalam melakukan berbagai transaksi bisnis dan menyebar atau menerima informasi melalui jaringan maya ke atau dari seluruh pelosok negri bahkan ke seluruh dunia.
Dengan pengguna teknologi informasi di berbagai bidang membuat dunia menjadi tanpa batasan ruang dan waktu, menambah dalam segala bidang kehidupan.
Internet adalah inter konektivitas jaringan computer di dunia, sehingga kemudian computer di dalam jaringan tersebut dapat saling berhubungan dan mengakses sumber daya (resources) yang disediakan masing-masing computer.
Dalam Woena (2008) internet adalah jaringan informasi computer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya semua orang yang berasal dari berbagai bidang mengenal manfaat apa yang di dapat melalui jaringan ini.
Dalam jurnal tersebut di jelaskan bahwa banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan fasilitas akses ke internet berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet :
a.      Informasi untuk kehidupan pribadi seperti kesehatan, rekreasi, hoby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
b.     Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja seperti sains, teknologi, perdagangan saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Motivasi adalah factor yang mendorong orang untuk bertindak dengan cara tertentu. Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa motivasi pada dasarnya adalah kondisi mental yang mendorong dilakukannya suatu tindakan (action atau activaties) dan memberikan kekuatan (energy) yang mengarah kepada pencapaian kebutuhan memebri kepuasan ataupun mengurangi ketidaksinambungan. Oleh karena itu tidak aka nada motivasi, jika tidak dirasakan rangsangan-rangasangan terhadap hal semacam di atas yang akan menumbuhkan motivasi dan motivasi yang telah tumbuh memang dapat menjadikan motor dan dorongan untuk mencapai tujuan pemenuhan kebutuhan atau pencapaian keseimbangan.
Jurnal tersebut mengungkapkan prestasi belajar adalah hasil penilaian pendidikan terhadap proses belajar dan hasil belajar siswa (winkel, 1987). Penilaian yang dimaksud adalah penilaian yang dilakukan untuk menentukan seberapa jauh proses belajar dan hasil belajar siswa telah sesuai dengan tujuan instruksional yang sudah ditetapkan baik menurut aspek isi maupun aspek perilaku.
Kemudian jurnal tersebut menjelaskan penelitian mereka dengan kesimpulan :
1.     Berdasarkan uji korelasi dan regresi di peroleh fakta bahwa secara porsial tidak ada hubungan atau pengaruh yang signifikan antara variabel pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa.
2.    Pengaruh secara parsial dari variabel pemanfaatan e-learning dengan kemampuan pemahaman mahasiswa berdasarkan uji yang telah dilakukan menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Pada kondisi ini dapat dijelaskan secara sendiri-sendiri atau parsial terdapat pengaruh pemanfaatan e-learning terhadap kemampuan pemahaman mahasiswa.
3.    Hasil pengujian regresi yang dilakukan secara bersama-sama atau uji serentak diperoleh hasil bahwa pengaruh secara bersama dari variabel pemanfaatan e-learning dengan prestasi belajar mahasiswa dan kemampuan pemahaman mahasiswa menunjukan pengaruh yang signifikan dan positif.

2.    Lakukan dan mainkan game online, kemudian bagaimana cara memainkannya, dan bagaimana manfaat positif dan negatifnya.
Disini saya melakukan game online “DOTA”

Ø  Cara memainkan :
1.     Buka shortcut dota
2.    Masuk ke battle.net
3.    Masukan id dan password akun kita
                   4.    Klik join untuk battle pada server yang dipilih kemudian klik OK
5.    Masukkan password untuk membuka semua karakter
6.    Pilih salah satu karakter
7.    Kemudian masuk ke markas untuk persiapan berperang yaitu membeli senjata dan aksesorisnya (pelindung/tameng)
8.    Kemudian mulai permainan
9.    Klik kanan untuk berjalan ke daerah yang ditunjuk dan untuk melawan musuh
10. Shortcut pada keyboard tergantung pada jurus suatu karakter.
Ø  Manfaatnya
Hanya untuk sebagai kesenangan dan kepuasan diri sendiri
Ø  Dampak positif
-      Mengasah ketrampilan otak dan kreatifitas ketika dalam melawan musuh
-      Melatih kecepatan dalam mengatur strategi
Ø  Dampak negative
-      Lupa waktu
-      Males belajar
-      Asik dengan diri sendiri tanpa memperdulikan keadaan sekelilingnya
-      Boros dalam keuangan untuk pembelian pulsa modem
-      Tugas terabaikan
Referensi :




sumber jurnal :