Jumat, 26 Oktober 2012

my experience


My experience about internet
Berawal ketika saya duduk dibangku sekolah menengah, saya mulai mengenal internet. Pada saat itu saya hanya mengenal email, karena saat itu dikalangan guru dan murid dapat saling berkomunikasi, namun tidak seperti sekarang yang bisa dibilang dimana pun, kapan pun, saya menggunakan internet dapat terakses dengan cepat karna dulu akses internet di desa sangat kurang, karna peminatnya pun sedikit.
Seiring berkembangnya zaman, semakin maju ketika saya mulai masuk di sekolah menengah atas, saya mulai lebih banyak mengenal situs internet seperti mIRC, google, facebook dan chatting. Saat itu disekolah belum terlalu banyak mempelajari situs-situs tersebut, untuk itu saya menggunakan situs-situs tersebut secara otodidak, hanya melihat teman dan dengan coba-coba akhirnya saya bisa menggunakan fasilitas internet.
Berawal saya menggunakan mIRC, saya mudah mendapatkan teman dari orang luar, tidak jauh berbeda dengan chatting hanya saja mIRC lebih objektif dan chatting lebih personal.
Kemudian tidak lama saya mengenal tentang bagaimana dalam penggunaan chatting, email dan mIRC, saya mulai mengenal facebook dan twitter. Saya mulai mengenal dunia lebih luas, memiliki banyak teman dari berbagai kota.
Saya pun mulai sering menggunakan google untuk searching pengetahun-pengetahuan yang belum saya dapatkan dan ketahui di sekolah. Seiring perkembangan zaman, internet mulai sangat dibutuhkan tidak hanya untuk kalangan siswa dan guru, ibu rumah tangga pun ternyata mulai membutuhkan internet sehubungan dengan kebutuhannya dalam pemenuhan rumah tangga, seperti mencari mengenai resep masakan.
Kemudian setelah saya mulai masuk pada perguruan tinggi, saya mulai lebih banyak tau bagaimana cara menggunakan internet untuk pendaftaran tanpa datang ke kampus atau biasa dinamakan pendaftaran secara online, dan administrasi yang dapat dilakukan secara online.
Namun ternyata internet selain membawa dampak positif, internet juga memiliki dampak yang negatif bagi saya, termasuk kepedulian saya terhadap lingkungan.
v  Dampak positif
-      Saya mudah mencari pengetahun dan wawasan yang tidak saya dapatkan di sekolah.
-      Saya lebih banyak memiliki teman dari berbagai kota
-      Dapat berkomunikasi dengan teman yang lama tidak berjumpa dengan jarak jauh
-      Menjalin silaturahmi dengan keluarga yang jarang bertemu
-      Mengetahui perkembangan dunia secara up to date
-      Mudah mendapatkan informasi dari dunia luar
-      Mempermudah dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah
-      Sarana komunikasi yang cepat, hemat, dan mudah berhubungan dengan teman, saudara, keluarga, pacar.
v  Dampak negative
-      Membuat saya malas untuk mengerjakan pekerjaan rumah
-      Membawa dampak ke anti sosial (saya merasa asik akan smartphone saya ketika saya mengakses internet, tanpa memperdulikan keadaan sekeliling saya)
-      Bikin malas makan, tidur dan belajar
-      Saya lebih mudah emosi jika internet lemot atau pun ketika mendapat perkataan yang kurang enak atau kurang sopan
-      Sering menjadi alasan pertengakaran saya dengan kekasih
-      Lebih sering mementingkan berita di internet di banding mengerjakan tugas kuliah
-      Lebih boros untuk pengeluaran pengisian pulsa modem
Memperlambat kerja otak dalam berfikir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar